55 Sertifikat Tanah di Bagikan AHY Kepada Korban Gempa Cianjur 

55 Sertifikat Tanah di Bagikan AHY Kepada Korban Gempa Cianjur 

Smallest Font
Largest Font

MAHATVA.ID - Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membagikan 55 sertifikat tanah ke warga korban gempa Cianjur yang berlokasi di Kampung Cikadu II, Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat. Minggu, (21/04/2024). 

Kedatangan AHY ditemani oleh dengan jajaran kementerian, seperti Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Suyus Windayana, Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Embun Sari, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

AHY mengatakan pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Daerah, juga beberapa kalangan terkait berhasil mengkonsolidasikan tanah di kampung tersebut.

"Sore hari ini kita sama-sama ingin menyaksikan penyerahan sertifikat untuk warganya dan di sini kita tahu bahwa pada tahun 2022 telah terjadi bencana alam yang dahsyat. Kita semua tidak akan pernah melupakan kejadian yang telah mengakibatkan korban jiwa dan juga kerusakan rumah-rumah warga termasuk fasilitas umum, fasilitas publik," kata AHY. 

Tanah yang semula luluh lantak, setelah dua tahun dapat dibangun kembali, mulai dari permukiman, membangun jalan, hingga fasilitas umum, seperti yayasan sekolah, mushola. Dia pun berharap, tanah yang luasnya masih sempit dapat diperlebar kembali.

"Atas kesabaran dan juga doa kami tentunya atas nama pemerintah ATR BPN bekerja sama dengan Pemprov, Pemerintah Cianjur, dan beberapa kalangan lain. Dari semua yg diupayakan Alhamdulillah berhasil konsolidasi tanah," jelasnya.

AHY juga menyebut warga setempat juga mewakafkan tanahnya untuk fasilitas publik, mulai dari jalan, mushola, hingga mandi cuci kakus (MCK). Dia menyebut perwakafan ini merupakan contoh yang baik. Dia juga menekankan pihaknya siap membantu untuk menyukseskan konsolidasi tanah seperti ini.

Editors Team
Daisy Floren