Demo APDESI di DPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Demo APDESI di DPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas menuju gedung DPR/MPR RI imbas adanya demo Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), hari ini

Rekayasa lalu lintas dilakukan secara situasional.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan saat ini arus lalu lintas masih dibuka normal. Rekayasa lalu lintas diterapkan situasional.

"Iya situasional, sekarang masih berjalan seperti biasa. Mengantisipasi kalau jalan sudah tertutup kalau depan DPR, baru kita alihkan lewat sekat 2 belok kiri itu menuju Lapangan Tembak," kata Latif saat dihubungi wartawan. Rabu (31/01/2024).

Latif menyebut massa demo saat ini sudah mulai berdatangan. Pihaknya menyediakan kantong parkir bagi kendaraan massa di Jalan Asia Afrika.

"Ini sudah pada berdatangan, sudah ada berapa bus yang masuk 150-an bus sudah masuk. Parkir kita tampung di Jalan Asia Afrika," ucapnya.

Untuk pengendara yang tidak berkepentingan, akan dialihkan mulai Semanggi. Kemudian rekayasa lalu lintas lainnya juga disiapkan.

"Untuk arus menuju ke sana yang ke depan DPR, yang tidak berkepentingan kita putar di Semanggi belok kiri. Terus yang apabila yang sudah mau keluar di depan Pulo 2, juga kita masih luruskan, masih kita jalankan yang sekat 2. Yang sekat 2 yang ke Jalan Pemuda, kita putarkan ke Jalan Pemuda tersebut, Lapangan Tembak," imbuhnya.

Exit Tol depan DPR juga masih dibuka normal. Saat ini, anggotanya fokus pada pengaturan.

"Exit tol sementara masih kita buka. Selama belum ada penutupan jalan, kita buka. Hanya pengaturan aja kita sementara. Kalau akses jalan masih bisa dilewati, kita lewati depan DPR," sebutnya.

Kita pengaturan penjagaan aja di situ, belum ada pengalihan. Ini kan udah mulai berdatangan, nanti agak siangan lebih baik menghindar kalau tidak perlu ke situ masyarakat.

Demo Apdesi

Massa Apdesi demo di depan gedung DPR/MPR pagi ini. Para pengendara diimbau untuk menghindari Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Informasi tersebut disampaikan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya melalui akun Instagram, Rabu (31/1/2024). TMC Polda Metro Jaya meminta supaya masyarakat menghindari kawasan depan DPR mulai pukul 08.00 WIB pagi ini hingga pukul 18.00 WIB.

Masyarakat pengguna jalan juga diminta menghindari kawasan sekitar Gelora Bung Karno(GBK) supaya terhindar dari kemacetan karena adanya demo ini.

"Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB diimbau bagi pengendara untuk menghindari ruas Jl Gatot Subroto depan DPR/MPR dan seputaran GBK dikarenakan ada giat penyampaian pendapat oleh kelompok masyarakat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih," tulis TMC Polda Metro.

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro membenarkan adanya demo tersebut. Demo digelar oleh kelompok Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia(Apdesi).

"(Demo dari) Apdesi," singkat Susatyo.

Editors Team
Daisy Floren