Dinkes Jabar Siapkan 406 Posko Bagi Pemudik Tahun 2024

Dinkes Jabar Siapkan 406 Posko Bagi Pemudik Tahun 2024

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan menyiagakan posko lebaran sebanyak 406 puskesmas dan 97 rumah sakit di jalur arus mudik dan arus balik lebaran khususnya di wilayah Jawa Barat. 

"Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sudah mengingatkan sejumlah kota dan kabupaten untuk menyiapkan fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan posko kesehatan di jalur mudik,"kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Vini Adiani Dewi kepada wartawan (23/03).

Menurut Vini, saat ini sejumlah posko akan didirikan di jalur mudik seperti di jalan arteri, rest area dan lainnya. Namun menurutnya masih menunggu rekomendasi rapat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Termasuk rapat dengan sejumlah instansi terkait.

Lanjut Vini, hasil rapat koordinasi nantinya akan segera disampaikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Jabar. Posko kesehatan yang didirikan akan memberi pelayanan seperti pemeriksaan kesehatan dan kegawatdaruratan.

Selain itu, terdapat posko gabungan bersama aparat kepolisian. Sejumlah fasilitas biasa diadakan seperti tempat bermain anak dan layanan pijat untuk pemudik.

"Ada pemeriksaan kesehatan, kegawatdaruratan dan layanan pijat serta bermain anak," kata dia. 

Vini mengaku saat ini masih menunggu rapat dari pemerintah pusat terkait persiapan arus mudik. 

Diketahui, berdasarkan kalender bahwa libur Lebaran berlangsung sejak tanggal 6 April hingga 15 April. 

Editors Team
Daisy Floren