Forkopimcam Sukamakmur Gelar Nuzulul Quran , Bakri Hasan : Mari Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Forkopimcam Sukamakmur Gelar Nuzulul Quran , Bakri Hasan : Mari Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Bogor - Forkopimcam Sukamakmur menggelar Peringatan Malam Nuzulul Qur'an tahun 1445 H/ 2024 M yang berlangsung di Masjid Jami Al-Ansori, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor pada Rabu (27/03/2024) malam.

Dalam Acara memperingati malam Nuzulul Quran tersebut, dihadiri jama'ah serta sejumlah tamu dan undangan lainnya. Hadir sekaligus memberikan sambutan, Camat Sukamakmur, Bakri Hasan beserta sejumlah unsur Forkopimcam dan stek holder lainya. 

Camat Sukamakmur, Bakri Hasan menyampaikan bahwa Malam Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa penting yang patut diketahui dan disimak.

"Bagi umat Islam, Nuzulul Qur'an yang ditandai turunnya Al-Qur'an yakni Iqra yang berarti bacalah. Oleh Allah Swt, kita diperintahkan untuk membaca tak hanya rupa tulisan tapi seluruh alam semesta dan isinya," Terangnya. 

"Melalui peringatan bersejarah ini mari kita senantiasa tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita di hadapan Allah Swt." Sambungnya.

Sementara itu, ketua panitia panitia pelaksana malam Nuzulul Quran, Ustd M Ridwan mengatakan, bawah dalam agenda kali ini terselenggara berkat kerja sama antar forkopimcam, lembaga kepemudaan dan masyarakat. 

Dalam ceramahnya, MWCNU Sukamakmur KH. Wildan Asy'ari Rois menjelaskan mengenai Nuzulul Qur'an.

"Al-Qur'an diturunkan pada malam ke-17 Ramadhan. Makanya Ramadhan disebut juga sebagai Syahrul Qur'an." jelasnya.

Dalam Al-Qur'an, Surah Al-Baqarah, Ayat 185, Allah Swt berfirman : Syahru Ramadhanlladzi Unzila Fihil Qur’an. Artinya "Bulan Ramadhan adalah bulan di dalamnya diturunkan Al-Qur’an."

Menurut KH. Wildan Asy'ari Rois, sesungghuhnya Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan dalam dua kali kejadian. Yang pertama turunnya Al-Qur’an dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah di langit dunia.

Setelahnya barulah diturunkan secara berangsur-angsur sesuai dengan situasi dan kondisi. Diperkuat dengan Tafsir Ibnu Katsir 8/441 bahwa Al-Qur'an diturunkan selama 23 tahun di zaman kenabian Muhammad Saw.

Usai berlangsungnya peringati Malam Nuzulul Quran, diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH Yusuf Iskandar, yang selaku ketua MUI Sukamakmur. 

Editors Team
Daisy Floren