Garut di Guncang Gempa, Plafon Bangunan RSUD Singaparna Medika Citrautama Ambruk

Garut di Guncang Gempa, Plafon Bangunan RSUD Singaparna Medika Citrautama Ambruk

Smallest Font
Largest Font

MAHATVA.ID - Gempa bumi yang berkekuatan magnitudo 6,5 dengan kedalaman 10 km terjadi di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut terjadi pada Sabtu, 27 April 2024, sekitar pukul 23.30 WIB.

Akibat Gempa tersebut, Plafon bangunan RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya ambruk.

Hal itu terlihat dalam sebuah video yang beredar pascagempa bumi yang berkekuatan magnitudo 6,5 dengan kedalaman 10 km terjadi di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut.

Dalam video yang berdurasi 49 detik itu, tampak puing-puing plafon tergeletak di lorong rumah sakit lantai atas. Terlihat pula seseorang yang tangannya diinfus duduk luar kamar tak jauh dari lokasi reruntuhan plafon.

Selain merusak plafon RSUD Singaparna Medika Citrautama, gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Garut itu juga membuat plafon Gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya roboh. Kaca-kaca gedung pecah. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa bumi di Kabupaten Garut tersebut tidak berpotensi tsunami. Hanya saja masyarakat diimbau untuk mewaspadai gempa susulan.

Sementara itu, gempa bumi Sabtu malam selain terasa begitu kencang di Garut, juga dirasakan getaran hebatnya di Sukabumi, Bandung, Tangerang, Tasikmalaya, Garut, Bogor, dan Jakarta.

Editors Team
Daisy Floren