Kecamatan Gunung Putri Darurat Sampah, Ini Kata Aktivis Lingkungan! 

Kecamatan Gunung Putri Darurat Sampah, Ini Kata Aktivis Lingkungan! 

Smallest Font
Largest Font

MAHATVA.ID - Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor adalah masalah lingkungan hidup. Lingkungan yang menjadi tempat tinggal manusia kini semakin hari semakin rusak akibat berbagai tindakan manusia yang belum sadar sepenuhnya akan kebersihan lingkungan.

Krisis pencemaran lingkungan yang paling menjadi sorotan utama wilayah Kecamatan Gunung Putri, Desa Cicadas saat ini adalah sampah. 

Masalah sampah tidak hanya terlihat di tempat-tempat umum, akan tetapi sampah rumah tangga pun masih terlihat berserakan di sekitar Jln. Barokah Desa Cicadas, yang mana jalan tersebut merupakan akses menuju kantor Kecamatan Gunung Putri. 

Aktivis lingkungan Gerakan Pungut Sampah (GPS), Aditya mengatakan, Perkara lingkungan hidup khususnya sampah akan terus menjadi krisis di kecamatan Gunung Putri, apabila tidak ada kesadaran dalam diri setiap elemen masyarakat.

"Sebab utama bukan hanya sekedar ketersediaan fasilitas umum seperti tempat sampah dan mobil pengangkut sampah, akan tetapi jauh daripada itu, kesadaran manusia sendiri masih belum bisa dikatakan maksimal," Kata Aditya kepada Mahatva.id

Menurutnya, Aktivitas membuang sampah sembarangan dan sikap apatis terhadap lingkungan merupakan praktik-praktik yang tidak pro ekologi.

"Tidak bisa dipungkiri pula bahwa di kecamatan Gunung Putri, aktivitas membuang sampah secara sembarangan bukan hanya terjadi dalam ruang lingkup yang sempit semisal pada pemukiman kumuh, akan tetapi jauh daripada itu, ironisnya masih ada aktivitas membuang sampah di jalan raya," Tegas Aditya. 

Selain itu menurut Adhitya, Minimnya penerangan jalan milik PT. Mercedes benz yang tidak kunjung diperbaiki juga menjadi salah satu faktor para pelaku pembuangan sampah masih marak di wilayah tersebut.

" Ada 4 titik lampu jalan milik PT Mercedes benz itu mati tak kunjung perbaiki yang di bagian belakang. Sehingga mengakibatkan jalan barokah sangat gelap pada malam hari, Sehingga warga leluasa dan merasa aman untuk membuang Sampah sembarangan," Pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren