4.000 Personil Gabungan Akan Disiagakan Untuk Pengaman Pemilu 2024 Di Kabupaten Bogor

4.000 Personil Gabungan Akan Disiagakan Untuk Pengaman Pemilu 2024 Di Kabupaten Bogor

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Bogor - Sebanyak 4.000 Personil gabungan akan disiagakan untuk mengamankan pemilu 2024 di Kabupaten Bogor. Senin, (15/01/2024).

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro usai meninjau Gudang logistik KPU Kabupaten Bogor.

"Hari H jumlah semuanya yang terlibat dari Polri sendiri 1.200 (personel), dari Brimob kami minta 1.000 perkuatan, dari Kodim sendiri 500, dari batalion 500, sehingga totalnya kurang lebih ada hampir 4.000-an personel, belum Satpol PP, Linmas dan yang lainnya," ucap Kapolres Bogor.

Rio menyebutkan, semua wilayah di Kabupaten Bogor akan diprioritaskan dalam hal pengamanan. 

Ia mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusifitas agar proses Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Semua kami katakan rawan, kami tidak mau underestimate sehingga kami bisa melaksanakan tugas, untuk menghindari dari situasi ancaman dan gangguan apa pun, sekecil apa pun. Saya minta Kabupaten Bogor zero dari insiden apa pun," tegas Rio.

"Dan saya berpesan pada masyarakat mari kita ciptakan pemilu yang damai, sehingga kita sama-sama menjaga situasi ini, bukan hanya tugas keamanan, saya bersama TNI dan bupati, namun seluruh lapisan masyarakat kami minta peran sertanya untuk menciptakan situasi ini jadi kondusif," sambungnya.

Lebih lanjut Rio menyebutkan, pengawalan maksimal dilakukan pada proses distribusi logistik pemilu, yang mana pengamanan disesuaikan dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Bogor.

"Yang utama dan peralatan ringannya KPU akan kita kawal semaksimal mungkin, termasuk juga kita mempertimbangkan jumlah personel yang akan mengawal, dilihat dari situasi kamtibnasnya dan dilihat dari aspek demografinya," jelasnya.

"Kita lihat sekarang sudah ada hujan yang besar, cuaca yang berubah-berubah dan itu kami pikirkan, agar kami bisa melaksanakan pengawalan hingga sampai tujuan, dan pasca dari pencoblosan kita juga akan mengawal sampai ke tempat yang sudah ditentukan oleh KPU," pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren