Ciptakan Pola Hidup Sehat, Lapas Cibinong Lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Binaan

Ciptakan Pola Hidup Sehat, Lapas Cibinong Lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Binaan

Smallest Font
Largest Font

MAHATVA.ID, Bogor - Untuk memastikan kesehatan seluruh Warga Binaan tetap terjaga, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong melaksanakan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pabuaran Indah serta Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Binaan Lapas Cibinong, Jumat (19/04/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 60 yang tercantum pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS.1-UM.01.01-199 tentang Penyampaian Buku Panduan Kegiatan Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024.

Pada kesempatan ini, Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong Wisnu Hani Putranto menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan wujud komitmen dari Lapas Cibinong dalam rangka pemberian layanan kesehatan bagi Warga Binaan agar terhindar dari segala penyakit.

“Penyuluhan PHBS dan pemeriksaan kesehatan kepada ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjalani pola hidup sehat serta memantau kondisi kesehatan sehingga kualitas hidup dari seluruh Warga Binaan dapat terjamin,” jelas Wisnu.

Selanjutnya, Penyuluh Kesehatan Puskesmas Pabuaran Indah Syifa S.Km menjelaskan terkait dengan membangun Pola Hidup Sehat dan Bersih. 

“Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat binaan dan pegawai yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan,” jelasnya.

“Selain itu, mengonsumsi makanan sehat, olahraga yang teratur, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya dan melakukan kerja bakti bersama untuk menjaga dan terus menciptakan lingkungan yang sehat,” ucap Syifa.

Setelah melakukan penyuluhan, Warga Binaan melaksanakan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan gigi yang dilakukan oleh Dokter Gigi dari Lapas Kelas IIA Cibinong.

Editors Team
Daisy Floren