Perguruan Pancak Silat Se-Kabupaten Bogor Gelar Latihan Gabungan Di Kecamatan Gunung Putri

Perguruan Pancak Silat Se-Kabupaten Bogor Gelar Latihan Gabungan Di Kecamatan Gunung Putri

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Bogor - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, padepokan pancak silat se-kabupaten Bogor, Rahayu Kinasih Gelar latgap Latihan bersama di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung putri kabupaten Bogor Jawa Barat. Minggu, (28/01/2024).

Dalam agenda latgap sekabupaten Bogor tersebut, turut hadir Adi Suwardi, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Camat Gunung putri, Danramil, Kapolsek yang diwakili, Kepala Desa yang diwakili, Karang taruna, Ormas se-kecamatan gunung putri, serta Padepokan pancak silat se-kabupaten Bogor.

Dodi Sangadipati selaku Guru Besar Padepokan Rahayu Kinasih Siliwangi mengatakan, bahwa Palguron (padepokan/perguruan) Rahayu Kinasih Siliwangi mencoba untuk memberanikan diri untuk mengumpulkan Perguruan Pancak Silat se-kabupaten Bogor, walaupun Rahayu Kinasih Siliwangi baru menginjak umur 2 tahun.

"Ya hari ini kita memgumpulkan Palguron seBogor timur dan ada juga dari Bogor Barat. Untuk melaksanakan latihan bersama antar Palguron Pancak silat," ucap Dodi.

Menurutnya, Pancak Silat adalah sebagai pasek Negara. Sama halnya seperti TNI sebagai Benteng Negara.

"Karena pancak silat adalah sebagian dari budaya. Sehingga, jika suatu negara budayanya hancur, maka secara otomatis negara tersebut juga lemah," ungkapnya.

Selain budaya Dodi juga berharap, bahwa pancak silat juga sebagai ajang pengembangan diri serta prestasi.

"Jadi ke 3 ini akan kita kembangkan. Seni tradisi, Prestasi, dan bela diri," tutupnya.

Sementara itu Camat Gunung Putri, Kurnia Indra sangat mengantusias dan apresiasi atas terselenggaranya  Latihan Gabungan Palguron se-kabupaten Bogor di Kecamatan Gunung Putri.

"Kalo secara pribadi, saya sangat suka dengan budaya seni pancak silat ini, dan saya cinta budaya Indonesia," ungkapnya.

"Ya belakangan akhir ini silat aga kendor. Saya berharap silat bisa terus berjaya, dan di harapkan dapat mengharumkan nama Indonesia," sambungnya.

Dan tak lupa Kurnia Indra berharap, dengan hadirnya Pancak Silat Rahayu Kinasih Siliwangi di Kecamatan Gunung Putri, dapat membawa nafas segar untuk kemajuan budaya sunda di Kabupaten Bogor hingga Nasional.

Editors Team
Daisy Floren