SMKN 1 Gunung Putri, Lepas 427 Peserta Didik di Trans Studio Mall Cibubur

SMKN 1 Gunung Putri, Lepas 427 Peserta Didik di Trans Studio Mall Cibubur

Smallest Font
Largest Font

MAHATVA.ID - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunung Putri menggelar kegiatan pelepasan 427 peserta didik kelas XII tahun 2023-2024 di Trans Studio Mall Cibubur, dengan harapan peserta yang akan dilepas menjadi generasi berkualitas, beradab, dan berbudaya, pada Sabtu (11/5/24).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Gunung Putri, Aman Sihombing mengatakan, SMK Negeri 1 Gunung Putri merupakan SMK negeri pertama dikabupaten Bogor didirikan pada tanggal 16 Mei 1997, sudah menghasilkan lulusan sebanyak 25 angkatan pada tahun ini, memiliki 5 konsentrasi keahlian atau jurusan dan dengan jumlah peserta didik saat ini 1348 orang.

“Alhamdulillah tahun pelajaran ini SMK tercinta kita mendapatkan program kelas Industri yang sudah terlaksana dan kita juga mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan skema regular pada tahun 2024. Ini menjadi bukti komitmen bersama kita untuk terus meningkatkan kualitas, kapasitas dan kuantitas, menjadi pusat unggulan, semakin maju dan terdepan,” Kata Aman Sihombing.

Ia juga menjelaskan, sejak tahun pelajaran 2023-2024 semua kompetensi keahlian di SMKN ini sudah melaksanakan program link dan match dengan industri pasangan melalui kegiatan sinkronisasi kurikulum dalam penyiapan kelas industri meliputi.

1. Konsentrasi keahlian Teknik Kimia Industri dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa. 2. Konsentrasi keahlian Teknik Elektronika Industri dengan PT. Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia. 3. Konsentrasi keahlian Teknik Pengelasandengan PT. Komatsu Indonesia. 4. Konsentrasi keahlian Teknik Pemesinan dengan PT. Nandya Karya Perkasa. 5. Konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunakdengan PT. Satu Visi Indo Creative (B One Corporation).

“Program yang sudah berjalan meliputi PKL, seleksi pemagangan, seleksi calon pegawai, kegiatan guru tamu dari industri, kunjungan industri, CSR dan program lainnya yang saling menguntungkan. Alhamdulillah minta industri yang menerima PKL berjumlah 100 lebih DU/DI dan mitra industri yang sudah melakukan MoU dengan sekolah kita masih berjumlah 22 Industri,” ungkapnya.

Selanjutnya Aman Sihombing juga menyampaikan beberapa hal kepada para peserta didik yang harus diperhatikan untuk nencapai mimpi dan cita-cita setelah lulus dari SMKN 1 Gunung Putri.

“Yang pertama, tentukan target dan tujuan hidup kalian, karena kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya atau hadir begitu saja dalam kehidupan seseorang. Kesuksesan merupakan sebuah proses yang terjadi dari berbagai rangkaian peristiwa,” pesannya.

“Kedua jangan takut bermimpi dan wujudkan mimpi kalian.Bermimpilah karena mimpilah yang akan membuat seorang pengecut berani melangkah dan mimpilah yang akan membuat semangat kita terbakar untuk mewujudkan dan menggapai cita-cita kita,” sambungnya.

Ketiga, temukan nilai diri kalian karena setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri masingmasing individu. Seorang yang sukses adalah mereka yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimiliki serta mampu mengembangkan bakat dan potensinya tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Aman Sihombing berpesan, kepada para peserta didik kelas XII yang akan meninggalkan sekolah.

“Anak-anakku tercinta Kelas XII yang akan kami lepasJagalah nama baik sekolah kita SMKN 1 Gunung Putri (Skiel) dimanapun kalian memijakkan kaki. Luapkan kegembiraan dengan sujud syukur Insya Allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar,” ucapnya.

“Selamat jalan anak-anakkku sekalian! Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali dimasa yang akan datang. Bapak, Ibu serta anak-anakku sekalian, Semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita-citakan agar SMK Negeri 1 Gunungputri menjadi sebuah lembaga pendidikan vokasi yang dapat berkiprah ditatanan regional maupun nasional,” tutupnya.

Editors Team
Daisy Floren