Rabithah 'Alam Islami dan PPTQ Al-Kaukab Lakukan Aksi Berbagi Sembako Gratis

Rabithah 'Alam Islami dan PPTQ Al-Kaukab Lakukan Aksi Berbagi Sembako Gratis

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Bogor - Di tengah-tengah tantangan ekonomi yang semakin sulit, khususnya dengan kenaikan harga beras dan beberapa bahan sembako yang membebani kehidupan masyarakat, Rabithah 'Alam Islami (Liga Muslim Dunia) bersama Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an (PPTQ) Al-Kaukab Bogor, melakukan aksi sosial Bersama melalui Program Berbagi Sembako Gratis untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H. Rabu, (06/03/2024).

Sebanyak 300 paket sembako telah dibagikan kepada warga masyarakat guna membantu meringankan perekonomian, terutama masyarakat tidak mampu di sekitar Pesantren Al- Kaukab yang berlokasi di Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Paket sembako yang dibagikan berupa 5 kg beras, 2 kg gula, 2 minyak goreng, 1 kg terigu, 2 kaleng susu kental, kecap, mie instan dan ditambah dengan kurma serta mushaf Al-Quran.

Direktur Eksekutif Rabithah 'Alam Islami untuk Indonesia, Syekh Abdulrahman Al-KhayyatAl-Khayyat mengatakan, Rabithah Alam Islami (Liga Muslim Dunia) yang bermarkas di Makkah Saudi Arabia telah lama bermitra dengan Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama dalam melaksanakan program-program dakwah, sosial dan kemanusiaan di Indonesia, seperti pembangunan masjid, sanitasi, pengeboran sumur dan program-program bantuan kemanusiaan.

"Kondisi ekonomi, termasuk kenaikan harga beras belakangan ini telah menjadi perhatian kita bersama, terutama saat masyarakat muslim hendak menyambut bulan suci Ramadhan. Kami merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang mungkin terdampak secara ekonomi melalui Program Berbagi Sembako ini," Ujarnya.

Syekh Abdulrahman Al-Khayyat, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmennya untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan sosial, yang menjadi landasan dari ajaran Islam yang kami pegang teguh di Rabithah 'Alam Islami, terlebih jelang bulan suci Ramadlan agar masyarakat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan tenang dan khusyu.

Sementara itu, Pengasuh PPTQ Al-Kaukab, Dr. K.H. Khoirul Huda Basyir, Lc., M. Si. menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung langkah Rabithah 'Alam Islami dalam melaksanakan Program Berbagi Sembako Gratis ini.

"Hadirnya Ramadan adalah momen yang tepat untuk menunjukkan solidaritas dan kepedulian kita kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. Kami berharap program ini tidak hanya mampu memberikan bantuan materi kepada yang membutuhkan, tetapi juga memberikan kebahagiaan bagi yang menerimanya, sehingga mereka dapat menjalani ibadah Ramadan dengan pikiran yang tenang dan hati yang lapang," Jelasnya.

Sementara itu, Salah satu penerima manfaat program ini, ibu Salimah, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di daerah sekitar PPTQ Al-Kaukab, mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan.

"Kami sangat bersyukur atas bantuan beras dan sembako ini, terutama di saat-saat kondisi sulit seperti sekarang. Ini sangat bermanfaat dan membantu meringankan kami dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, terutama dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal seminggu lagi, supaya kami dapat beribadah dengan tenang," Ucap Ibu Salimah.

Lebih lanjut Ibu Salimah juga mengatakan, bahwa Program Berbagi Sembako Gratis yang dijalankan oleh Rabithah 'Alam Islami dan PPTQ Al-Kaukab diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, terutama yang terdampak kenaikan harga beras dan kondisi ekonomi yang sulit, serta memperkuat semangat kebersamaan dan kepedulian sosial di tengah-tengah umat.

"Semoga program ini juga menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga lain untuk turut serta dalam upaya meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan, menjadikan Ramadan sebagai momen penuh berkah melalui aksi peduli dan berbagi kesejahteraan kepada sesama," Pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren