Sambut Bulan Ramadhan, PKBM Ibnu Rusy Gelar Cucurak Bersama Katar Ciburayut

Sambut Bulan Ramadhan, PKBM Ibnu Rusy Gelar Cucurak Bersama Katar Ciburayut

Smallest Font
Largest Font

Mahatva.id, Cigombong- Cucurak merupakan tradisi khas yang berasal dari kebudayaan Sunda khususnya di daerah Kabupaten Bogor. Ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Secara turun temurun, tradisi itu terus dipertahankan oleh masyarakatnya Sunda di Bogor hingga saat ini.

Seperti halnya PKBM Ibnu Rusy, Tagar Motekar, Karang Taruna (Katar) Desa Ciburayut dan Siswa/i, gelar acara cucurak / makan bersama sebelum menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H di Ponpes Asmaul Husna Kampung Padurenan RT 01 / 04, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor - Jawa Barat, Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut turut menggelar penanaman dan pembagian bibit pohon serta dihadiri staf Desa, Babinsa, dan Siswi / i kelas jauh dari PKBM Ibnu Rusy Kecamatan Cigombong.

Dalam sambutannya, Seketaris Katar Ciburayut, Belgi Al Huda menyampaikan acara cucurak ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT memberikan umur yang panjang untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan.

"Saya sangat terharu dengan perjuangan teman - teman Katar Desa Ciburayut, tak terasa sudah tahun kita mengelola kelas jauh ini sampai sekarang sudah sampai ujian akhirnya, dan kabar bahagia nya tinggal hitungan hari lagi kita menyambut bulan suci Ramadhan,"kata Rudi.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Ibnu Rusy, Tubagus Akhmad mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak yang sudah mengikuti acara cucurak ini.

"Terima kasih kepada semua pihak terutama Katar Desa Ciburayut dan siswa/i PKBM Ibnu Rusy menyempatkan hadir ditengah-tengah kegiatan acara dilaksanakan, ditengah kesibukannya menyambut bulan Ramdhan,"katanya.

Lebih lanjut, Ayi menuturkan bahwasannya kegiatan cucurak di gelar hari ini adalah untuk memanjatkan syukur dan penyaluran bibit pohon kepada siswa/i untuk program penghijauan di wilayah kecamatan cigombong.

"Semoga, setelah kita berdoa bersama dalam acara cucurak ini, Allah SWT melancarkan urusan hidup kita serta menjalankan ibadah puasa yang tinggal beberapa hari lagi dengan keadaan sehat wal afiat," tutupnya.

Editors Team
Daisy Floren